Sejarah dan kedudukan bahasa indonesia serta contoh penerapan fungsi dan kedudukan bahasa indonesia di masyarakat


Sejarah dan kedudukan bahasa indonesia serta contoh penerapan fungsi dan kedudukan bahasa indonesia di masyarakat.


SEJARAH DAN KEDUDUKAN

Bahasa Indonesia adalah perkembangan dari bahasa melayu yang sudah ada sejak jaman kerajaan-kerajaan.Bahasa ini sudah sejak lama digunakan untuk perantara atau bahasa pergaulan,tidak hanya di kepulauan Nusantara, tetapi juga hampir di seluruh kepulauan Asia Tenggara.Bukti bahasa melayu ditemukan yaiu ditemukannya bebatuan tulis kuno yang bertuliskan bahasa Melayu di Nusantara

Bahasa indonesia adlah hasil dari pesatnya perkembangan dan pertumbuhan baik secara lisan maupun tulisan.Bahasa.Pada tahun 1928, kongres pemuda ke 2 menyatakan bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan , kemudian pada tanggal 28 Oktober hari sumpah pemuda dan di sah kan nya bahasa Indonesia sebagai bahas Nasional.

Kedudukan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang amat penting seperti yang tercantum pada ikrara sumpah pemuda ketiga yakni "kami putra dan putri indonesia berbahasa satu bahasa Indonesia" yang disini sudah nampak jelas bahwa kedudukan bahasa Indonesia diatas bahasa daerah. Bahasa Indonesia juga mempunyai peran penting untuk kemerdekaan Indonesia hingga saat ini Bahasa Indonesia dijadikan bahasa Nasional dan bahasa Negara di Indonesia

Dalam kedudukannya harus dipahami oleh semua kalangan masyarakat yang berbangsa Indonesia terutama untuk kalangan muda dan pelajar,agar jiwa Patriotisme dan Nasionalisme mereka tetap terjaga.Hal ini berkenaan dengan keadaan saat ini yang sangat krisis akan jiwa Nasionalisme tersebut.


Penerapan fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia di Masyarakat

Sesuai dengan kedudukannya bahasa Indonesia berfungsi sebagai 

 1) Lambang kebanggaan negara

Sebagai lambang kebanggan negara mencerminkan nilai nilai sosial budaya dengan dasar kebanggaan bagi bangsa Indonesia sehingga kita harus selalu menjaga dan mempelihara bahasa indonesia ini dan senantiasa kita bina.

2) Sebagai identitas negara

Fungsi sebagai identitas adalah untuk memperkuat identitas Indonesia di mata manca negara dan memupuk rasa Nasionalisme dan Patriotisme sserta menumbuhkan rasa bangga atas keragaman bangsa Indonesia.

3)Alat komunikasi antar masyarakat berbeda daerah

Bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi dengan seluruh masyarakat Indonesia yang beragam dan mempunyai bahasa daerah masing masing untuk percakapan bertukar pikiran pendapat pengalaman saran kritik dan lain lain.

4)Bahas nasional resmi

Bahasa Indonesia digunakan untuk acara acara resmi pemerintah karenasemua orang wajib mengerti dan mempelajari bahasa indonesia di semua kalangan terutama kalangan muda dan pelajar.Bahasa ini digunakan untuk semua media massa di Indonesia.

Contoh penerapan fungsi bahasa Indonesia

1.Untuk alat percakapan seorang dengan yang lain yang berbeda daerah
2.Pidato Presiden 
3.Sebagai bahasa media surat kabar
4.iklan televisi yang menggunakan bahasa indonesia agar semua dapat mengerti
5.sebagai alat komunikasi di pembelajaran
6.mewujudkan seni dengan pengungkapan bahasa Indonesia 


Dapat disimpulkan bahwa bahasa Indonesia memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia,karena setiap negara memiliki bahasa nasionalnya masng masing selain untuk berkomunikasi memiliki bahasa Indonesia sangat memudahkan kita untuk berinteraksi dengan orang luar daerah kita dan mendapatkan timbal balik sehingga terciptanya percakapan dan terbangun relasi.

Demikian artikel singkat menurut pendapat saya, tentang Menjelaskan Tentang sejarah dan kedudukan bahasa Indonesia serta contoh penerapan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia di masyarakat Terima kasih